Maintenance Ac : Apa yang Dilakukan oleh Teknisi Ac Saat Itu?

Maintenance Ac – Agar AC tetap berfungsi optimal dan tahan lama, sangat penting untuk melakukan perawatan dan servis secara berkala. Oleh karena itu, jangan menunggu sampai AC mati untuk melakukan servis atau perawatan berkala pada AC Anda.

Selain menjaga AC agar awet dan tahan lama, perawatan AC tentunya bertujuan agar AC tetap bekerja secara optimal. Alhasil, AC akan bekerja dengan baik, dan membutuhkan listrik yang tetap efektif karena tidak bekerja terlalu keras. Oleh karena itu, Anda dapat lebih menghemat listrik.

Namun, apa saja yang akan diperiksa selama perawatan rutin AC? Biasanya saat Anda menghubungi teknisi service AC, beberapa hal yang akan mereka lakukan saat melakukan perawatan AC adalah sebagai berikut:

Arus Listrik Menuju Ac

maintenance ac
serviceacsolo.my.id

Hal pertama yang harus diperiksa adalah bagian kelistrikannya. Hal ini dimaksudkan untuk mendeteksi atau segera mendeteksi jika ada masalah dengan kontrol listrik arus bolak-balik. Karena masalah kelistrikan ini sangat penting, karena memastikan tidak ada kabel yang kendor atau terbuka yang dapat menyebabkan korsleting.

Korsleting yang disebabkan oleh korsleting hanya dapat merusak AC secara keseluruhan. Tapi itu juga bisa menimbulkan bahaya seperti kebakaran. Karena itu, saluran listrik harus diperiksa dengan cermat.

Petugas servis biasanya menggunakan lapisan non-konduktif untuk dipasang di bagian kontrol listrik. Hal ini agar Anda dapat menghindari kemungkinan terjadinya korsleting AC. Selain itu, stasiun-stasiun listrik akan diperiksa satu per satu. Selain tidak memiliki kabel atau sekrup yang kendor, juga akan dibersihkan dari debu dan kotoran.

Bisa juga ada kabel yang terputus karena gigitan tikus dll. Juga kondisi kabel lainnya yang sangat berisiko menyebabkan kerusakan lainnya.

Refrigeran atau Pengecekkan Freon

Bagian selanjutnya adalah pendingin pada AC. Biasanya menggunakan jenis refrigeran yaitu Freon, walaupun tidak semua AC menggunakan Freon.

Refrigeran sangat penting dalam AC karena bagian ini bertanggung jawab untuk mendinginkan udara yang akan dihembuskan AC ke seluruh ruangan. Jika jumlah cairan pendingin berkurang, kinerjanya juga akan menurun.

Selain itu, teknisi akan memeriksa kebocoran refrigeran. Jika ada kebocoran harus segera ditangani. Kebocoran akan dideteksi oleh detektor yang sudah bekerja untuk memeriksa gas refrigeran.

Karena jika terjadi kebocoran, banyak dampak lain yang akan terjadi. Kebocoran dapat membuat inhaler sakit, karena refrigeran mengandung senyawa berbahaya jika terhirup langsung oleh manusia. Selain itu, kebocoran Freon jenis refrigeran dapat menimbulkan potensi bahaya lain seperti kebakaran, karena terdapat jenis Freon yang mudah terbakar.

Pengecekkan Unit Ac

Pemeriksaan selanjutnya adalah saat perawatan AC merupakan sistem sentral dari AC. Apakah ada komponen yang tidak bekerja maksimal, atau ada kebocoran yang bisa menyebabkan air bocor dari AC, dll.

Tidak hanya itu, petugas servis AC juga akan melakukan perbaikan jika menemukan hal-hal yang akan rusak dari sistem AC sentral. Akan lebih baik untuk menangkapnya lebih awal, karena jika terlambat, kerusakannya akan menyebar ke komponen lain.

Jika kerusakan merembet ke komponen lain, servis AC akan lebih sulit. Bahkan, Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena banyaknya penggantian komponen pada AC saat melakukan servis AC.

Service Unit Ac

Banyak bagian lain yang akan diservis oleh teknisi AC selama perawatan adalah mesin di dalamnya. Mulai dari motor kipas, sabuk, karet, dll. Tentu saja, komponen yang aus, atau mungkin terlalu ketat untuk menurunkan kinerja, Anda harus mengganti atau memperbaikinya.

Teteskan oli atau pelumas ke bagian tertentu dari AC. Dengan demikian, performa mesin menjadi lebih optimal. Seperti halnya mesin mobil, saat menggunakan oli baru, performanya akan kembali baik.

Ini adalah deretan suku cadang yang diperiksa oleh petugas layanan servis AC selama proses pemeliharaan. Agar AC lebih hemat dan tahan lama, tentunya Anda perlu melakukan proses perawatan ini secara rutin. Itulah artikel seputar pekerjaan maintenance ac yang biasa dilakukan oleh tukang / teknisi ac.

Leave a Comment