Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak

BPJS Kesehatan merupakan satu upaya pemerintah memberi jaminan sosial bagi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BPJS berperan penting untuk membangun sistem jaminan sosial nasional bidang kesehatan. Yakni agar masyarakat mendapat fasilitas berobat yang aman dan terjangkau.

Untuk mendapat jaminan kesehatan ini, masyarakat perlu mendaftarkan diri secara langsung k3 kantor BPJS Kesehatan terdekat maupun secara online. Setelah terdaftar, status kepesertaan BPJS akan aktif yang artinya peserta telah mendapat hak dan kewajibannya sebagai peserta. Yakni hak mendapat layanan kesehatan gratis atau keringanan dan kewajiban membayar iuran kepesertaan.

Status kepesertaan dapat menjadi nonaktif karena beberapa hal, salah satunya ketika menunggak tagihan terlalu lama. Karenanya perlu mengecek status BPJS Kesehatan secara berkala, apakah masih aktif atau tidak. Pengecekan dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

Cara Cek Status BPJS Kesehatan Melalui website

Cara cek BPJS yang pertama melalui website resmi BPJS di laman  https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Ikuti langkah berikut;

  • Setelah membuka laman akan muncul kolom, isi kolom sesuai permintaan,  mulai nomor kartu BPJS, tanggal lahir serta angka validasi yang tertera di layar.
  • Setelah yakin, klik pilihan Cek.
  • Semua informasi kepesertaan, mulai identitas, status kepesertaan, jenis keanggotaan hingga jumlah tanggungan anggota keluarga akan ditampilkan.
  • Daftar tagihan dan tanggal pembayarannya tiap bulan dapat dilihat di bagian bawah.
Cara Bayar BPJS Kesehatan di Blibli - Masterpendidikan.com

Berikutnya menggunakan aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan yang dapat diundduh di Google Play Store atau App Store, selanjutnya:

  • Buka aplikasi yang telah terpasang di smartphone.
  • Login dengan memasukkan nomor kartu BPJS atau email aktif dan password. Jika belum pernah terdaftar sebelumnya lakukan register
  • Untuk mendaftar klik ‘Register’. Isi form pendaftaran dengan memasukkan nomor BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor ponsel serta password. Masukkan pula alamat email dan nomor ponsel sesuai dengan data saat mendaftar BPJS Kesehatan.
  • Klik ‘Register’ dan Anda akan menerima form verifikasi yang perlu diisi dengan kode angka unik. Kode unik tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar.
  • Masukkan kode unik lalu klik ‘Verify’
  • Anda akan masuk ke menu utama, dengan beberapa fitur Mobile JKN.
  • Pilih menu ‘Peserta’ untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Semua informasi keanggotaan BPJS Kesehatan diri sendiri beserta anggota keluarga yang menjadi tanggungan akan ditampilkan.

Cara Cek Status BPJS Kesehatan Melalui Call Center

Pengecekan status BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan dengan menghubungi call center di nomor 1500 400. Nomor tersebut akan menghubungkan ke pusat layanan Customer Service BPJS Kesehatan yang siap mengatasi keluhan serta pertanyaan Anda non stop selama 24 jam.

Untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan, Anda tinggal menanyakan langsung kepada CS. Pastikan untuk menyiapkan nomor BPJS Kesehatan dan nomor KTP karena akan dibutuhkan untuk melalukan pengecekan.

Cara Cek Status BPJS Kesehatan Melalui SMS

Cara cek status kepesertaan  BPJS Kesehatan berikutnya dengan menggunakan SMS. Status kepesertaan dapat diketahui dengen mengirim SMS menggunakan format sebagai berikut:

  • Menggunakan NIK (Nomor Kependudukan) di KTP lalu kirim ke 08777-5500-400
  • Menggunakan NOKA (Nomor Kartu BPJS Kesehatan) lalu kirim ke 08777-5500-400
  • Menggunakan NIP (Nomor Induk Pegawai) lalu kirim ke 08777-5500-400

Cukup pilih salah satu format di atas, selanjutnya tinggal tunggu balasan BPJS Kesehatan.

Demikian cara mengecek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak. Hal ini penting karena jika status kepesertaan non aktif, Anda tidak dapat mengakses layanan kesehatan gratis sebagaimana peserta BPJS Kesehatan.

Leave a Comment