Cara Menikmati Belajar Bahasa Jerman Dalam 5 Langkah Sederhana

kursus bahasa jerman di bogor – Tinggal di negara berbahasa Jerman tidak selalu mengharuskan Anda untuk memahami atau berbicara bahasa Jerman. Tapi, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, akan sangat berbeda jika Anda benar-benar mampu berkomunikasi dengan pihak berwenang dan penduduk setempat. Ikuti lima langkah sederhana ini untuk membuat belajar bahasa Jerman menyenangkan.

Cara Menikmati Belajar Bahasa Jerman Dalam 5 Langkah Sederhana

Langkah 1: Pikiran adalah pelayan yang luar biasa tetapi tuan yang mengerikan
Belajar bahasa Jerman bisa sangat menakutkan pada awalnya karena ada banyak informasi yang harus dihadapi. Pikiran pelajar sangat sering takut tidak mengetahui apa yang akan datang dan khawatir tidak memahami sesuatu atau terlihat bodoh. Ia sangat ingin mengetahui setiap detail dari sebuah teks atau fenomena tata bahasa sehingga ia merindukan hutan untuk pepohonan.

Ingin mengisi setiap celah pengetahuan saat belajar bahasa Jerman adalah gangguan besar dan hanya memperlambat proses belajar. Lepaskan keinginan untuk memahami 100 persen dari apa yang Anda hadapi. Berfokus pada apa yang sedang diajarkan pada saat itu membuat pikiran tidak fokus. Pikiran adalah pelayan yang luar biasa tetapi tuan yang mengerikan, jadi Anda lebih baik menjinakkannya untuk mendapatkan manfaat darinya sebanyak mungkin.

Langkah 2: Berbaik hatilah pada diri sendiri
Banyak dari kita di luar sana berpikir bahwa kita harus menderita untuk mendapatkan sesuatu – dan kita menerapkan prinsip yang sama ketika belajar bahasa Jerman. Tetapi sama sekali tidak perlu bekerja keras untuk menguasai bahasa Jerman. Bahasa Jerman sangat mirip dengan bahasa Inggris sehingga cukup mudah untuk memahaminya dengan sedikit usaha terus-menerus.

Ketika Anda menyadari bahwa Anda bekerja keras saat belajar bahasa Jerman, berhentilah di situ dan mundur selangkah. Lihatlah apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya. Mungkin menyewa tutor untuk satu pelajaran, hanya untuk melihat pendekatan Anda dan membantu Anda mengoptimalkannya. Jika Anda sudah bekerja dengan tutor dan masih merasa cukup sulit untuk melakukannya, pertimbangkan untuk bekerja dengan tutor lain untuk beberapa pelajaran atau berpartisipasi dalam kelompok lain sebagai tamu.

Anda akan belajar bahasa Jerman rata-rata selama sekitar dua tahun, tetapi bereksperimen dengan pendekatan Anda selama beberapa minggu akan membuahkan hasil hanya dalam waktu singkat. Jika tutor Anda hanya berbicara bahasa Jerman kepada Anda, Anda telah memilih pendekatan tersulit untuk belajar bahasa Jerman. Ini bekerja jika tutor Anda sangat baik atau jika Anda seorang pembelajar bahasa yang mahir, tetapi sangat tidak efisien dan tidak perlu sulit.

Langkah 3: Dapatkan kembali waktu luang Anda
Tetapkan prioritas yang tepat. Pikiran kita dirancang untuk membiarkan kita beroperasi dalam mode “melakukan” konstan yang dapat mengarah pada semacam aktivisme yang tidak perlu (atau sebut saja “achievisme” – lihat Langkah 4!). Hari-hari kami dengan mudah diisi dengan tugas-tugas kecil di sana-sini, terutama jika kami memiliki anak dan / atau pekerjaan penuh waktu. To-do dan bucket list terkadang bisa mencapai beberapa halaman.

Jika Anda merasa tidak punya waktu untuk belajar bahasa Jerman, tanyakan pada diri Anda apa yang harus Anda “menyerahkan” untuk mendapatkan kembali waktu yang dibutuhkan. Apakah semua hal yang Anda lakukan, hari demi hari, benar-benar penting? Jika demikian, maka jangan repot-repot belajar bahasa Jerman. Nikmati saja hidupmu. Yang harus Anda lakukan adalah menyortir prioritas Anda.

Langkah 4: Tidak ada yang bisa dicapai
Ambil semua waktu yang Anda inginkan. Menjadi lebih baik dalam sesuatu atau bahkan menjadi yang terbaik di bidangnya adalah tujuan yang sangat umum. Bagaimana jika Anda tidak harus menjadi lebih baik dalam bahasa Jerman? Bagaimana jika itu sangat menyenangkan sehingga Anda benar-benar menantikan untuk belajar bahasa Jerman setiap hari?

Ingin mencapai sesuatu yang besar seperti menguasai bahasa Jerman – yang, omong-omong, sebagian besar penduduk asli Jerman masih belum berhasil – pasti akan membuat Anda frustrasi dan menguji motivasi Anda. Banyak orang yang ingin belajar bahasa Jerman yang benar segera gagal.

Tidak ada yang bisa dicapai ketika belajar bahasa Jerman. Sebuah bahasa selalu terhubung untuk menemukan bagian lain dari teka-teki tentang siapa Anda sebenarnya. Dan untuk itu, Anda dapat mengambil semua waktu yang Anda inginkan.

Langkah 5: Lepaskan rasa malu dan rasa bersalah
Bagi banyak pelajar, sangat tidak nyaman tidak dapat berkomunikasi dengan cara yang biasa mereka lakukan. Mereka merasa bodoh, malu, dan kadang-kadang bahkan bersalah karena membuang waktu berharga orang lain ketika mereka mencoba berbicara bahasa Jerman. Tekanan sosial adalah salah satu hal yang paling sulit untuk bertahan dalam hidup.

Inilah sesuatu yang mungkin bisa membantu menjaga perasaan itu: bagaimana perasaan Anda jika seorang wanita datang kepada Anda dan berbicara bahasa Inggris dengan sangat kacau? Apakah Anda akan menilai dia bodoh atau, lebih tepatnya, apakah Anda akan berbelas kasih padanya? Bagaimana reaksi Anda terhadap seseorang yang mencoba melibatkan Anda dalam percakapan ketika Anda kekurangan waktu?

Rasa bersalah dan malu selalu berakar di masa lalu kita dan tidak diperlukan dalam hal belajar dan berbicara bahasa Jerman. Mungkin lihat pola kebiasaan Anda dan lihat mana yang melayani Anda dan mana yang baik untuk dilepaskan.

Leave a Comment